PROFIL MADIPALA FIP UNM

“ alam tidak akan menghianati orang – orang yang mencintainya”

MADIPALA FIP UNM senantiasa eksis dalam beraktivitas sesuai visi misinya sebagai Pecinta Alam, hal yang sangat mendasar terhadap setiap aktivitas yang dilakukan mengacu kepada sebuah asas pemahaman :

v  Bahwa Pecinta Alam berdasarkan Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945.

v  Tri  Dharma Perguruan Tinggi

v  Bahwa Pecinta Alam Berpedoman pada KODE ETIK Pecinta Alam Se – Indonesia.

 

Berdasarkan  pemahaman tersebut di atas maka :

v  Pecinta Alam adalah satu dalam kebersamaan.

v  Pecinta Alam adalah satu dalam aktivitas di Alam bebas dan lingkungan.

v  Pecinta Alam adalah satu visi dalam pelestarian Lingkungan hidup.

 

TUJUAN

Tujuan lembaga ini adalah terbinanya potensi bakat dan minat mahasiswa di bidang kepencita alaman dan Lingkungan

SIFAT

  • Pendidikan dan Penelitian

Bahwa Anggota MADIPALA sebagai insan akademis dituntut untuk bersifat edukatif dalam menghadapi permasalahan yang ada terutama dibidang lingkungan hidup dan kepecinta alaman. Kegiatan di bidang ilmiah diarahkan untuk mengembangkan penalaran anggota MADIPALA dalam menggunakan pendapat baik lisan maupun tulisan.

  • Pengabdian

Bahwa anggota MADIPALA sebagai mahluk sosial diharapkan mempunyai sikap saling menghargai ,tolong-menolong, tenggang rasa antar sesama manusia guna memupuk rasa tangung jawab kemanusiaan. bentuk kegiatan dibidang sosial tercakup dalam suatu pola pengabdian masyarakat yaitu dengan memberikan karya nyata dalam masyarakat. Memberi motifasi kepada anggota untuk berperan serta dalam proses pembangunan melalui penyuluhan kesejahteraan jasmani dan rohani dikalangan masyarakat.

  • Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang berhubungan dengan kepecintaalaman. Meningkatkan minat olahraga baik yang dilakukan secara perorangan atau dalam kelompok guna memperoleh kekuatan fisik dan keterampilan dalam dunia kelestariannya.

  • Petualangan

Berpetualang di alam bebas senantiasa memberikan tantangan tersendiri bagi anggota MADIPALA tidak lain agar  lebih mendekatkan diri dengan alam

  • Rekreasi

Rekreasi yang dimaksud adalah Kegiatan yang dilakukan diluar, yang bertujuan untuk mengembangkan sikap kekeluargaan baik intern maupun ekstern dikalangan sesama anggota dengan masyarakat. Memupuk rasakecintaan terhadap lingkungan akan sebagai bagian integral dengan sesama manusia guna menimbulkan sikap ikut bertangung jawab atas kelestariannya.

 

STATUS

Organisasi ini Berstatus semi independen.

 

JANJI MADIPALA

  1. Mengamalkan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia.
  2. Menjujung tinggi Almamater dan Organisasi.
  3. Menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  4. Bersikap Sopan dan hormat serta menyayangi semua mahluk ciptaan Tuhan YME.
  5. Setia dan berani berkorban demi kepentingan Organisasi.
  6. Setia kawan terhadap sesama anggota dan seluruh komunitas mahasiswa UNM.

MADIPALA FIP UNM

  1. Melakukan upaya pendidikan, pelatihan pada Mahasiswa FIP UNM dan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
  2. Melakukan upaya pembinaan terhadap mahasiswa FIP UNM dan masyarakat dalam bidang petualangan dan kepencinta alaman.
  3. Membangun konsolidasi gerakan sosial yang berbasis lingkungan hidup

 

SEKILAS TENTANG MADIPALA FIP UNM

MADIPALA FIP UNM merupakan Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang berdiri sejak tahun 2006. Sebagai wadah untuk menampung bakat dan minat mahasiswa FIP UNM dalam bidang kepecinta alaman dan Lingkungan

Cikal bakal berdirinya berawal aktivitas pendakian yang dilakukan oleh bebetapa Mahasiswa FIP UNM ke Bulusaraung, Pangkep. Kegemaran mendaki Gunung  yang dilandasi semangat jiwa petualang ini akhirnya melahirkan sebuah ide untuk membentuk sebuah/Organisasi di Lingkungan Fakultas Hijau dengan nama Mahasiswa Pendidikan Pecinta Alam yang selanjutnya di sebut MADIPALA FIP UNM.

Sejak berdirinya hingga sekarang ini MADIPALA FIP UNM telah mengikuti berbagai program/kegiatan kepecinta alaman baik yang bereorentasi pada lingkungan hidup,penelitian, social kemasyarakatan maupun yang sifatnya petualangan.

Madipala Terbagi atas tiga divisi Yaitu :

 

  1. Divisi Gunung Hutan
  2. Divisi Panjat Tebing
  3. Divisi Lingkungan Hidup

 

Selain itu, terdapat juga bidang DIKLATLITBANG (pendidikan pelatihan penelitian dan pengembangan) yang bertugas untuk menyeleggarakan kegiatan kegiatan (kajian Teori) yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan kepecinta alaman secara teoritis.serta menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan serta kajian teoritis materi kepecinta alaman.